Sabtu, 28 April 2012

Bagaimana Agar Anda Dihargai Orang Lain ?

Setiap orang pasti ingin dihargai, baik pekerjaannya, perbuatannya, maupun keberadaannya. Anda sendiri pun tak mau jika ada seseorang yang tidak menghargai anda. Tetapi anda juga harus tahu, yang penting bagi anda belum tentu penting bagi mereka. Yang sangat berarti bagi anda belum tentu berarti juga bagi mereka. Anda juga harus tahu bahwa manusia tak akan bisa mengetahui isi hati seseorang. Manusia hanya bisa menebak isi hati dan pikiran seseorang. Mari berbagi pengalaman disini.

Hal yang paling dibenci seseorang adalah ketika mereka tidak menghargai orang tersebut. Serasa tak ada gunanya dan sia - sia. Anda harus ingat satu prinsip. Allah itu maha adil. Ada yang memberi dan ada yang menerima, take and give! Terkadang manusia itu "asal bekerja". Mereka tak tahu tujuan dan hal - hal kecil yang sangat sangat berpengaruh bagi orang lain. Banyak sekali kejadian - kejadian semacam ini. Ingat! Pada dasarnya manusia itu serakah.




Sebagai contoh, anda sedang duduk - duduk ketika seseorang memanggil anda untuk mengambilkan sesuatu untuknya. Ketika panggilan pertama anda tak menjawab. Kedua tetap tak menjawab. Ketiga anda menjawab dengan nada menyentak atau ekspresi sebal. Coba bayangkan ketika anda di posisi orang yang sedang kesulitan tersebut. Anda disikapi atau disentak seperti itu. Apa yang anda lakukan ? Marahkah ? Mengapa anda memarahi orang yang sedang mengalami kesulitan ?

Contoh lain, ketika anda sedang menyuruh seseorang untuk mengambil alihkan pekerjaan anda karena anda ada urusan yang lebih penting. Anda menyerahkan pekerjaan anda kepada orang yang anda percaya tentunya. Lalu anda pergi dan orang itupun mengerjakan pekerjaan anda. Ketika anda kembali dari urusan anda, anda melihat pekerjaan yang telah anda serahkan tadi maka andapun terkejut. Pekerjaannya SALAH semua! Melihat hal ini apa yang anda lakukan ? Marahkah anda ? Menyesalkah ? Bagaimana jika anda di posisi orang tersebut ?

Jadi intinya disini adalah jika anda ingin dihargai maka hargailah seseorang. Ketika anda menghargai seseorang, tak perlu bilang pun orang itu akan menghargai anda sebagai rasa sungkan dan hormat. Jika anda menghargai seseorang dengan senyum yang tulus maka orang itu akan mengembalikan senyuman itu dengan pertolongan yang tak pernah anda duga sebelumnya. Jika anda tak percaya cobalah sendiri! Yang orang lain rasakan belum tentu sama dengan yang anda rasakan atau pikirkan. Karena keinginan manusia itu bagaikan angin yang bebas kemana saja. Jika angin itu ingin diam maka dia diam, jika ingin berputar seperti tornado maka berputarlah dia.


Good Luck ...

Rayhan Fadhilah Hady.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

You want to make a nice webhosting ? Click Here