Kamis, 08 Maret 2012

Berbicara Dengan Orang Yang Lebih Tua Atau Lebih Muda

Dalam kehidupan selalu terjadi interaksi sosial, jadi tak ada yang namanya kesendirian karena pasti butuh orang lain untuk melakukan suatu hal. Anda pasti sudah tahu etika dan sopan santun ketika berbicara dengan seseorang yang lebih tua atau lebih muda apalagi seseorang yang baru saja kita kenal. Lagi - lagi hal ini menyangkut tentang kesadaran. Kebanyakan seseorang tak sadar dengan yang diucapkan, mereka cenderung melakukan atau mengucapkan sesuatu yang menurut mereka nyaman, padahal belum tentu nyaman bagi orang lain. Mari Berbagi Pengalaman disini.



Di dunia ini hanya ada 2 tipe seseorang, seseorang dengan tipikal kalem atau lembut dan seseorang dengan tipikal keras dan otoriter. Pelajari dan kenali dahulu karakter dan tipikal anda sebelum menilai orang lain. Jangan membuang buang waktu dengan cara menceramahi atau mendahului orang lain. Introspeksi diri !

Baiklah, disini akan dibahas bagaimana cara menghadapi dan berbicara terhadap orang yang lebih tua maupun yang lebih muda, berikut yang harus diperhatikan :

1. Tersenyum, ketika orang lain sedang bercerita dimana cerita tersebut mengharuskan anda untuk menanggapi maka tersenyumlah. Entah anda menanggapi negatif atau positif, cukup berikan senyuman maka mereka pun akan melanjutkan ceritanya ke sesi berikutnya.

2. Fokus dan Konsen, ini mungkin terdengar mudah tetapi nyatanya banyak orang yang mengeluh dan berlalu ketika dia kehabisan bahan cerita atau terhambat karena sikap si lawan bicara. Jadi usahakan konsentrasi pada orang yang sedang berbicara. Jangan sampai mereka mengulang - ulangi kalimat, jangan buat mereka menunggu juga, apalagi terhadap orang yang lebih tua karena mereka cenderung gampang tersinggung. Jika anda sedang tidak ingin diajak bicara maka caranya adalah dengarkanlah dia sebentar, perhatikan dia lalu ketika dapat waktu yang tepat utarakan perasaan anda dengan berkata, "Maaf pak/buk saya sedang ada ......" atau "maaf dek aku lagi ada urusan yang harus diselesaikan ......". Jadi jangan sampai anda menolak mentah - mentah jika sedang dicurhati orang lain.

3. Nada bicara yang sewajarnya, jangan menggunakan nada tinggi pada orang yang lebih tua karena mereka akan menganggap anda menantang mereka, jangan miringkan kepala atau alis naik sebelah apalagi jika anda adalah pria, berbeda pula ketika berbicara dengan wanita. Gunakan nada bicara yang halus. Nada yang naik turun boleh juga untuk dipakai tetapi jangan berlebihan dan jangan dibuat - buat. Jika anda pria maka berbicaralah seperti pria. Jika berbicara dengan yang lebih muda, anda harus lebih halus lagi demi menjaga perasaanya tetapi juga harus tetap tegas dan konsisten.

4. Tatap matanya, menatap mata seseorang merupakan sesuatu yang penting tetapi bisa juga berbahaya jika berlebihan. Untuk itu, jika berhadapan dengan orang yang lebih tua jangan terlalu sering menatap matanya karena mereka akan menganggap anda menantang mereka atau berani. Jangan mengalihkan apalagi memotong pembicaraan dan pandangan kecuali pada situasi kondisi tertentu. Jika pada orang yang lebih muda maka jangan anda meremehkan dia. Jangan memandang dengan tatapan dingin atau tatapan tidak butuh. 



5. Gerak gerik atau bahasa tubuh, ini adalah hal yang unik karena dengan bahasa tubuh anda dapat mengetahui apakah lawan bicara anda telah nyaman atau tidak. Anda dapat mengetahui dari tatapan matanya yang biasanya berharap anda memberikan tanggapan untuk sesuatu yang anda sampaikan. Jika berhadapan dengan orang yang lebih tua jangan sekali kali menggunakan telunjuk tangan untuk menunjuk sesuatu, karena disini anda akan dicap arrogan. jangan menggerakkan tangan seperti orang yang tidak tahu menahu dan tidak mau tahu. Jangan memakai kata "gak tau","gak bisa" karena itu jawaban orang yang tak bertanggung jawab, jawab saja dengan "maaf kurang tahu", "maaf belum bisa" ........ Untuk orang yang lebih muda jangan terlalu banyak memainkan tangan atau bahasa tubuh lainnya, karena anda akan dicap sebagai orang yang arrogan, gunakan bahasa tubuh yang menarik sehingga lawan bicara anda merasa yakin, aman, dan lega dengan cerita anda.


Masih banyak lagi hal - hal yang harus diperhatikan jika sedang berbicara pada orang yang lebih tua ataupun lebih muda. Biasanya seseorang mengatakan ulasan ini harusnya sudah diluar kepala, tetapi sekedar mengingatkan saja karena tak selalu anda mengingat hal ini diwaktu dan tempat yang tepat.

Sekian Terima Kasih ....
Berbagi Pengalaman

5 komentar:

You want to make a nice webhosting ? Click Here